auhtor

Andre Rio 10 Aug 2021

Beberapa Tools Yang Bisa Di Gunakan Untuk Membuat UI/UX Design








Beberapa Tools Yang Bisa Di Gunakan Untuk Membuat UI/UX Design - Untuk memulai membuat UI/UX Design kita memerlukan yang namanya Tools (alat) yangdimana Tools tersebut dapat membantu kita dalam membuat sebuah UI/UX Design.




Tools Apa Saja Yang Biasa Di Gunakan?


Ada banyak sekali Tools yang dapat kita gunakan untuk keperluan UI/UX Design. Namun disini saya hanya akan membahas 3 Tools saja yang paling sering di gunakan dan cukup populler di kalangan UI/UX Design. Tools-Tools tersebut juga ada yang free dan ada yang berbayar. Berikut merupakan 3 Tools terbaik untuk keperluan UI/UX Design.



Figma


img


Figma merupakan Tools yang paling saya rekomendasikan untuk keperluan UI/UX Design. Awalnya saya memulai karir sebagai seorang UI/UX Design dan Tools yang pertama kali saya gunakan adalah Figma. Sudah pernah coba Tools lain namun saya merasa kurang cocok, semua tergantung sama selera masing-masing.

Figma cocok juga untuk pemula sangat mudah untuk mempelajarinya tidak butuh waktu lama tampilan yang simple dan sederhana. Figma berbasis Web App kalian tidak perlu menginstall Software nya tinggal buka saja di browser sudah langsung bisa di gunakan dan tidak ribet, namun jika kalian lebih suka versi Desktopnya juga dapat di install di PC kalian, dan karena Figma berbasis webrowser Figma juga dapat di jalankan di semua sistem operasi seperti Windows,Mac dan Linux.

Apakah Figma gratis? Ya Figma free lebih tepatnya freemium. Kalian dapet mengunakan Figma secara gratis untuk kebutuhan UI/UX Design namun untuk mendapatkan fitur tambahan kamu juga harus mengeluarkan uang. Namun menurut saya sudah lebih dari cukup untuk kebetuhan personal.

Untuk storage atau penyimpananya berbasis cloud jadi ga perlu kawatir untuk menyimpan file Figma nya karena udah tersimpan secara otomatis di akun figma kita. Kita juga dapat mengexport file Figma berupa gambar dan icon dalam berbagai format seperti Png,Jpg,Svg dan PDF di PC kita.

Dan yang terakhir juga merupakan hal paling saya sukai dari Figma. Terdapat banyak sekali Plugin yang dapat kita gunakan secara gratis. Plugin seperti Removebg yang digunakan untuk menghapus background gambar secara cepat dan masih banyak lagi.

Website https://www.figma.com



Adobe XD


img


Adobe XD merupakan Tools yang sangat saya rekomendasikan juga selain Figma dan juga cukup populler di kalangan UI/UX Design. Saya pernah mencoba mengunakan Adobe XD tapi karena kurang nyaman pakenya soalnya udah keseringan mengunakan Figma, tapi bagus kok Tools nya wajib di coba.

Adobe XD merupakan produk Adobe dan tentunya tidak gratis. Kamu harus mengeluarkan uang $13 /bulan untuk mengunakan Adobe XD, meskipun begitu kamu diberikan 7hari trial untuk mencoba Tools nya dan jika sudah merasa cocok bisa berlanganan.

Kelebihan Adobe XD tampilan designya sangat simpel dan minimalis serta mudah untuk di gunakan. Kamu dapat membuat tampilan Mockup,Wiframe dan yang paling di ungulkan dari Tools adalah fitur Prototype nya menurut saya sangat bagus di bandignkan dengan Tools UI/UX Design lainya. Kita juga dapat mengundang Designer lainya untuk berkolaborasi.

Dan terakhir Adobe XD dapat di jalankan secara offline berbeda dengan Tools lain seperti Figma untuk menjalankanya kita perlu memiliki koneksi internet sedangkan Adobe XD tidak perlu koneksi internet dan bisa di jalan offline serta untuk penyimpananya juga berbasis cloud.

Bagi kamu penguna Linux tidak bisa menjalankan Adobe XD di sistem operasi Linux maka saya sarankan mengunakan Figma saja namun untuk yang mengunakan Windows dan MacOS bisa.

Website https://www.adobe.com



Sketch


img


Sketch merupakan Tools yang tidak kalah populler dari Figma dan Adobe XD karena sering di gunakan untuk keperluan UI/UX Design, Sketch memudahkan kita untuk membuat tampilan Hight Fidelity dan Prototype.

Disini tidak banyak yang harus saya katakan karena saya belum pernah mengunakan Tools ini. Soalnya Sketch hanya bisa di jalankan pada sistem operasi MacOS dan tidak bisa di jalankan pada sistem operasin Windows dan Linux.

Tidak hanya karena memiliki banyak fitur yang menarik, Tools yang satu ini juga user friendly sehingga mudah digunakan oleh siapa pun, bahkan desainer yang masih pemula.

Salah satu fitur keren dari sketch adalah Symbols, dimana kamu bisa mendesain UI assets dan elemen untuk digunakan kembali. Ini sangat membantu desainer untuk membuat design agar lebih tertata dan konsisten.

Sketch juga sudah dilengkapi dengan beragam plugin yang dapat meningkatkan produktivitas. Jadi, kita bisa bekerja lebih efisien dan menghemat banyak waktu.

Website https://www.sketch.com




Nah itu saja review dari beberapa Tools yang dapat di gunakan untuk keperluan UI/UX Design. Semua Tools memliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing serta terggantung dari kitanya yang bisa mengunakanya apa tidak…






🚀 Komentar




Banner