auhtor

Andre Rio 20 Dec 2020

Pengenalan Hugo








Apa sih Hugo itu? “Hugo” ya bukan “Hago” itu beda lagi.


Sebelum masuk ke pembahasan perlu saya ingatkan pada artikel ini tidak membahas Cara Installasi Hugo, tapi artikel ini sebagai pengenalan mengenai Hugo. Anggap saja sebagai pemanasan sebelum ngoding.

List :

Cara Install Hugo Di Windows
Cara Install Hugo Di Linux
Cara Menjalankan Hugo Di Local


Sebelum masuk ke pembahasan perlu saya ingatkan pada artikel ini tidak membahas cara install Hugo tersebut, tapi sebagai pengenalan mengenai Hugo. Anggap aja sebagai pemanasan sebelum ngoding.

Menurut situs resminya bahwa Hugo itu merupakan “Kerangka kerja tercepat di dunia untuk membangun situs web” wow gila keren banget.

Hugo merupakan Static Site Generator ( SSG ) yang dimana si Hugo ini mengenerate content yang kita buat menjadi file-file html.

Baca juga: Sharing Pengalaman Setelah Pindah Dari Windows Ke Linux

Hugo di buat oleh Google dengan mengunakan bahasa pemograman Golang, namun tenang aja kok di Hugo kita tidak perlu mahir dalam menggunakan bahasa pemograman Golang. Namun menggunakan Html,CSS,dan Javascript saja cukup mudah.

Hugo sangat cocok untuk membuat website seperti Blog, atau Website" lain yang mengunakan Content Generate. Karena sangatlah mudah hanya dengan membuat dan menuliskan Markdown saja sudah dapat Mengenerate Content yang mau di buat, tentu saja file yang di Generate akan menjadi file Html.

Website wibucode.com juga dibuat menggunakan Hugo untuk keperluan ngeblog/menulis artikel.

Terus bagaimana cara mengunakanya mulai dari ngoding dll?

Tenang aja kok, di kesempatan berikutnya saya akan membuat artikel tutorial mulai dari instalasi sampai cara penggunaannya.


Apa saja kelebihan mengunakan Hugo?


Mudah di gunakan — Hugo sangatlah mudah di gunakan dan juga fleksibel serta terstruktur dengan rapih.

Cocok buat programmer — Hugo cocok buat kalian yang suka ngoding, karena kita membuat/menuliskan content nya serasa ngoding dan bisa juga di gunakan di Text editor manapun, contohnya saya menggunakan Visual Studio Code.

Sangat aman dari serangan hakcer — Di Hugo tidak mengunakan Back-end seperti PHP dan tidak mengunakan Database apalagi harus login dashboard admin, karena kita mengunakan Hugo di Text editor saja untuk deploy-nya mengunakan github dan Hugo hanya mengunakan Html, CSS,JavaScript saja.

Bisa ngeblog di mana aja — Tidak hanya di perangkat Dekstop saja yang dapat mengunakan Hugo, kita bisa mengunakanya di Android mengunakan Termux untuk installisasinya sama kayak di perangkat Desktop, selain itu juga kita bisa menulis konten pada blog secara Offline ( tidak menggunakan akses internet ) cukup keren ya.

Hosting gratis — Dan yang terakhir kita dapa menghostingkan Hugo di web statis manapun seperti Netlify,Render,Github Pages dll.

Baca juga: Bahasa Pemograman Yang Populler Di Indonesia


Apa saja kekurangan menggunakan Hugo?


Bagi teman-teman yang belum terbiasa mengunakan terminal/command prompt akan merasa sedikit aneh, karena di perlukan setup/installisasi awal apalagi jika kamu termasuk orang yang malas membaca dokumentasinya.

Kalau dari pengalaman saya sendiri build Hugo dari awal apalagi membuat themes sendiri cukup melelahkan walapun Hugo sendiri sangatlah feksibel.

Itu saja yang dapat saya sampaikan, jika sudah tidak sabar ingin tau cara penggunaan Hugo temen-temen bisa langsung ke dokumentasinya di gohugo.io






🚀 Komentar




Banner